Rapat Koordinasi PKH Tingkat Provinsi Tahun 2019

Bertempat di Hotel Diana Jl. Emisaelan Mamuju, Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat melalui Bidang Linjamsos melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi PKH Tingkat Provinsi Tahun 2019. Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 Peserta terdiri dari Pejabat Dinas Sosial Kabupaten/Kota Se Sulawesi Barat, Koordinator PKH Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Barat, Himpunan Bank Negara, Dinkes Provinsi, Bappeda Provinsi, BKKBN Provinsi, dan Koordinator PKH Wilayah.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 5 s/d 6 juli 2019. ARDIANSYAH, S.Sos (Kasie Jaminan Sosial) mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dalam rangka meningkatkan peran pemerintah daerah sebagai penyelenggara PKH, sehingga terjadi penguatan antar instansi terkait sebagai dampak terselenggaranya PKH khususnya untuk Dinas Sosial dan Bappeda Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sulawesi Barat.   Peserta yang hadir dalam kegiatan ini juga menandatangani nota kesepahaman bersama yang berkomitmen untuk mendukung program PKH di Sulawesi Barat. Sambungnya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat (BAU AKRAM DAI, SE, M.Si) dalam sembutannya Bau Akram Dai mengatakan sebagai sebuah program bantuan sosial masyrakat, melalui PKH, KPM didorong untuk memiliki akses memanfaatkan berbagai fasilitas layanan dasar seperti, layanan kesehatan, pendidikan, pangan, gizi, perawatan dan pendampingan  termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan.

Kadinsos Sulbar turut dampingi Pj. Gubernur Sulawesi Barat dalam Kunjungannya di Kecamatan Tabulahan Kabupaten Mamasa

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat, Drs. H. Abdul Wahab Hasan Sulur, M.Si turut mendampingi Pj. Gubernur Sulawesi Barat, Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si., saat melakukan kunjungan di Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Senin, 22 Juli 2024.

Kunjungan ini untuk bersilaturahmi sekaligus berdialog langsung dengan warga masyarakat yang ada di kecamatan Tabulahan. Seperti biasanya Gubernur Sulawesi Barat mendengarkan langsung masalah dan kebutuhan masyarakat yang ada di Kecamatan Tabulahan, ini memungkinkan untuk memahami situasi secara langsung dan mencari solusi yang tepat.

Kadinsos Sulbar, Drs. H. Abdul Wahab Hasan Sulur, M.Si dalam keterangannya mengatakan, kunjungan ini menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, serta untuk memastikan bahwa bantuan dan program-program yang diberikan tepat sasaran dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

Kabid Linjamsos Dinsos Sulbar Turut Dampingi Pj Gubernur Sulawesi Barat Kunjungi Korban Kebakaran di Kabupaten Polewali Mandar

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Sulbar, Surdin SE, MM., turut mendampingi Pj. Gubernur Sulawesi Barat, Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si., saat mengunjungi korban kebakaran di Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Jumat 19 Juli 2024.

Kunjungan ini untuk melihat langsung kondisi para korban sekaligus memastikan para korban tertangani dengan baik.

Kabid Linjamsos Dinsos Sulbar, Surdin mengatakan, Kunjungan ini tidak hanya tentang memberikan bantuan fisik, tetapi juga tentang membangun kembali harapan dan keyakinan bahwa mereka tidak sendirian dalam menghadapi cobaan ini. “Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Sosial Kabupaten Polewali Mandar dan rekan rekan tagana yang merespons dengan cepat dan memberikan bantuan kepada para korban kebakaran” Ungkapnya

Untuk diketahui kebakaran yang terjadi pada hari jumat 12 juli 2024 menghanguskan sejumlah rumah (10 Unit) di Tangnga Tangnga, kec Tinambung, Kab. Polman dan memaksa sejumlah Kepala Keluarga (10 kk / 35 jiwa) harus diungsikan ketempat yang lebih aman.

Forum Discusion Group UPTD Panti Sosial Karya Wanita Tahun 2024

Untuk menekan jumlah PPKS/TS di Sulawesi Barat, UPTD Panti Sosial Karya Wanita Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat laksanakan Kegiatan Forum Discusion Group (FDG) di Hotel Tomboran Mamuju, Rabu 17 Juli 2024.

Kegiatan ini dibuka langsung Kepala UPTD Panti Sosial Karya Wanita, Hj. Supiati Sahid, S.Pd, MM., mewakili Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat, Drs. H Abdul Wahab Hasan Sulur, M.Si., yang berhalangan hadir karna bertepatan dengan agenda yang lain.

Dalam sambutannya yang dibacakan Kepala UPTD Panti Sosial Karya Wanita, Kadinsos Sulbar, Abdul Wahab Hasan Sulur mengatakan, untuk menekan jumlah PPKS/TS melibatkan pendekatan yang kompleks dan holistik, yang mencakup berbagai aspek sosial, ekonomi, dan kesehatan. Memberikan akses terhadap pelatihan keterampilan, pendidikan, dan kesempatan kerja yang layak bagi individu yang berisiko masuk ke dalam industri seksual karena faktor ekonomi.

Abdul Wahab Hasan Sulur Juga mengatakan, kita harus membangun kolaborasi yang kuat antara pemerintah, organisasi non-pemerintah, lembaga kesehatan, dan masyarakat sipil untuk merancang dan melaksanakan program-program yang efektif dalam menekan jumlah PPKS/TS, termasuk sharing data dan koordinasi untuk mengidentifikasi dan memberikan bantuan kepada individu yang rentan terhadap eksploitasi. Ungkapnya

Sementara Itu Kepala UPTD Panti Sosial Karya Wanita, Supiati Sahid mengatakan, diskusi ini dapat menjadi sarana untuk menyediakan informasi yang akurat dan objektif tentang kondisi PPKS/TS, resiko yang terlibat, hak-hak mereka, serta opsi bantuan yang tersedia bagi mereka yang ingin keluar dari industri ini. Diskusi ini juga dapat menjadi platform untuk memperjuangkan kebijakan publik yang lebih baik untuk melindungi PPKS/TS, mengurangi eksploitasi dan kekerasan terhadap mereka, serta meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan dan sosial yang sesuai. Ungkapnya

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 30 orang berasal dari Dinas Sosial Kabupaten Se-Sulawesi Barat serta lembaga pemerhati PPKS/TS.

Advokasi dan Sosialisasi Pembiayaan Kesehatan Dalam Mendukung Universal Health Coverage (UHC) dan Kemitraan Penanganan Penyakit Prioritas.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat, Surdin, SE, MM hadiri sekaligus menjadi Narasumber Kegiatan Advokasi dan Sosialisasi Pembiayaan Kesehatan Dalam Mendukung Universal Health Coverage (UHC) dan Kemitraan Penanganan Penyakit Prioritas yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat di Grand Maleo Hotel Mamuju. Rabu 17 Juli 2024.

Dalam kesempatan ini Surdin, memaparkan materinya terkait perang dan fungsi Dinas Sosial dalam mendukung Universal Health Coverage (UHC) dan kemitraan penanganan penyakit prioritas.

Jumat Bersih

Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan dilingkungan kantor, Dinsos Sulbar kembali laksanakan kegiatan jum,at bersih yang dikoordinir langsung Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat, Drs. H. Abdul Wahab Hasan Sulur, M.Si., Jumat 12 Juli 2024.

Komitmen untuk menjaga kebersihan di lingkungan kantor bukan sekadar kewajiban, tetapi merupakan bagian dari budaya yang mencerminkan nilai kepedulian terhadap lingkungan.

Abdul Wahab Hasan Sulur mengatakan lingkungan yang bersih akan membuat kita nyaman dan betah berada ditempat tersebut, karnanya saya berharap kepada semua Staf untuk selalu memperhatikan dan menjaga kebersihan lingkungan kantor. Ungkapnya.

Facebook